Tuesday, November 21, 2006

Bakso Begaya (baca : bergaya)

Pasti agak-agak sedikit nyengir deh ye, baca judul posting ini.. he he.. Bakso Begaya nih, emang judul warung baksonya begitu, salah satu bakso favorit gue. Yang jualan orang betawi, lokasi warungnya di daerah deket pasar kebayoran lama, tepatnya di depan gang kubur. Sekali lagi, yes, namanya emang gitu, gang kubur, (emang bener-bener itu namanya, bukan semacem trik marketing atau trade mark buat ningkatin omzet atau pun menandakan bahwa ini warung bakso berbau horor atau mistis.. he he). Warung bakso ini adalah salah satu tempat 'wajib kunjung' gue dan Abby tiap-tiap week end. Karena, ni warung bukanya emang office hour banget, dari jam 08.00 sampe jam 17.00 doang. Jadi kalo hari kerja mah ga kekejar.
    Kalo menurut gue, baksonya sih lebih mirip chinesse style gitu, kuahnya juga. Tapi, justru karena kuahnya yang bening itulah, menurut gue jadi nggak kerasa 'berat' dan berlemak gitu. Kalo gue makan bakso ini, ga perlu gue tambahin banyak bumbu, cuma tambah tongcai, cuka, dan sambel. Ga perlu tambah saos atau kecap, menurut selera gue udah sedep.. sluuurrrppp
      Baksonya garing, kenyal. Mungkin karena mpok yang jualan ni selalu masukin bakso ke kuah rebusan hanya beberapa saat sebelum dihidangkan. Jadi ga kelamaan kerendem kuah kali ya. Rasanya gurih tapi ga enek dan ga berasa 'keberatan' msg gitu, walopun gue rasa ya pasti pake msg lah.. (jadi berlawanan ama good food spirit ya.. aaarrrggghh dilema deh kalo udah menyangkut yang satu ini).
        Sekarang soal harga, seporsi 7.500 perak, setengah porsi (nah ini nih, setengah porsi, i don't get it, apa ada ya orang yang bisa makan bakso ini setengah porsi, mana nendang gitu loh.. he he) 4.000 perak saja. Oiya, temen makannya cuma tersedia bihun, si mpok ga nyediain mi kuning atau soun gitu. Kalo belinya rada pagi-an, masih bisa tuh ditambahin daging dan tulang 'rangu' (apa ya bahasa bagusnya *bingung*), hmmm.. glek.. dan kalo udah rada akrab ama mpok bakso ini, bisa minta tulang rangunya rada banyakan..he he..beli bakso aja kkn
          Ya udah deh, kalo kebeneran lewat jalan raya kebayoran lama, mampir deh, pasti ga bakalan nyesel (bahasa gue kayak iklan aja). Ato kalo kepengen makan bakso Begaya tapi ga tau jalannya, email gue aja, tar gue anterin. Kalo minta anterinnya pas tanggal muda alias baru deket tanggal gajian, gue traktir deeehhh.. asal jangan se-er te aja datengnya.. he he..