Friday, October 20, 2006

Keinginan yang tertunda (1)

Kadang-kadang, dalam hidup ini banyak hal yang terjadi secara tak terduga, dan banyak juga yang terjadi dan nggak gue pahami. Tapi rasanya, kita hidup ni emang selalu buat belajar, bukan menjustifikasi kenapa hal-hal tertentu terjadi dalam kehidupan kita..
    Tanggal 1 Ramadhan lalu, ruang Alamanda di rumah sakit PMI Bogor tempat Daeng kerja, kedatangan 'tamu' baru. Seorang bayi perempuan cantik dan mungil, baru berumur paling nggak 1 atau 2 hari. Dulu, gue pertama denger berita ini, Daeng yang cerita, waktu itu gue lagi nemenin Abby yang lagi dirawat di pmi. Penasaran, gue liat deh tu bayi. Kasian, begitu kata gue dalam hati waktu itu. Sekali-sekali, selama di rumah sakit, kalo lagi iseng, Daeng suka ngajak nengokin bayi itu, dan gue pun setuju sebatas nge-iyain ajakan Daeng aja. Hanya beberapa kali lah, gue ngeliat bayi itu, ga ada yang istimewa. Itupun karena Daeng sering banget membicarakan soal bayi itu, dan berkali-kali tiap ada kesempatan dia pasti ngomporin gue untuk nengokin si mungil ini. Pernah terbesit dalam pikiran gue, what's the big deal sih ya, sampe-sampe Daeng segitu senengnya sama ni bayi.
      Hari sabtu tanggal 14 Oktober kemarin, Abby ada jadwal kontrol ke pmi, dan secara kebetulan juga, waktu sambil nunggu giliran dokter, Daeng bilang,


        'Yu, mau liat bayi yang kemarin ditemuin itu yuk ?'
        'Iya deh'
      Sampe di ruang Alamanda, Daeng masuk ke dalem, gue tunggu di ruang tunggu.. ga lama kemudian..


        'Ni dia 'Yu..' Daeng datang dengan menggendong bayi mungil dan menyodorkan nya kearah gue.. Dia sekarang sudah lebih 'berisi'.. pipinya tembem, kulitnya putih bersih, hidungnya mancung.. lagi tidur, nyenyak banget..
        'Cantik banget Eng' kata gue takjub sambil mengelus pipinya, tangannya.. dengan hati-hati.. gue cium keningnya.. wangi bayi..
        Cukup lama juga gue termenung, memandangi bayi cantik ini. Kenapa ada yang 'lain' yang gue rasakan kali ini. Perasaan apa gue nggak ngerti. Kasian, sedih atau apa sekedar momentary laps, gue nggak ngerti juga.
          Keluar dari ruangan itu kali itu ada yang beda yang gue rasain. Iya, kok gue ngerasa sedih ya, ninggalin bayi itu disitu. Tenggorokan gue rasanya tercekat, miris rasanya.
            Kenapa..
              Ah, perasaan aja kali..